Thursday 27 September 2012

10 Plugin WordPress yang Paling Sering Digunakan

Plugin adalah suatu program komputer yang dapat memberikan fungsi tambahan pada program utama (dalam hal ini adalah CMS wordpress). Salah satu mengapa banyak blogger yang memilih CMS wordpress untuk membuat weblog adalah banyaknya plugin gratis yang tersedia. Dari sekian banyak plugin, ada beberapa plugin wordpress yang sering digunakan para blogger untuk meningkatkan traffic.

Berbagai plugin yang tersedia memiliki jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Hingga saat tulisan ini dibuat, wordpress.org telah menyediakan 11.000 lebih plugin dan akan terus bertambah. Berikut daftar plugin yang paling sering digunakan.

1.       Akismet
Ini adalah plugin yang pasti dan harus ada dalam sebuah blog wordpress self hosting. Jika Anda menginstall wordpress, maka Anda hanya tinggal mengaktifkannya. Fungsi dari plugin ini adalah sebagai spam filter atau memblock komentar-komentar spam di blog. Begitu pentingnya plugin ini sehingga hampir seluruh blogger wordpress pasti menggunakan plugin ini.

2.       All in One SEO
Plugin ini merupakan plugin yang sangat berguna untuk SEO. Plugin ini mengoptimasi blog terhadap search engine sehingga traffic yang menuju blog kita akan meningkat. Plugin ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menentukan blog title tag, keyword (kata kunci), metatag dll agar dapat lebih mudah dikenali oleh search engine.

3.       Google XML Sitemap
Google sitemap adalah plugin yang dapat meng-generate sitemap kita dalam bentuk file XML. Sesuai dengan namanya, sitemap, plugin ini berfungsi untuk membuat struktur blog yang kita punya agar lebih teratur. Dengan adanya sitemap.xml, search engine seperti Google, Yahoo, dan Bing dapat lebih mudah mengenali dan menjelajahi blog kita.

4.       WP-DB-Backup
WP-DB Backup ini adalah plugin yang dapat membuat backup database blog. Jika terjadi sesuatu pada blog kita, kita masih memiliki database blog kita. sehingga dapat kita restore kembali hanya dengan beberapa kali klik. Plugin ini digunakan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

5.       WP-Super-Cache
Jika merasablog kita agak lemot atau loading pagenya lama maka kemungkinan besar visitor blog kita tidak akan betah lama-lama di blog kita. Plugin WP Super Cache berguna untuk menciptakan static html dari dynamic html blog kita. Dengan adanya plugin WP Super Cache, waktu untuk load blog menjadi lebih cepat sehingga pengunjung pasti betah berlama-lama diblog kita.

6.       WordPress Related Post
Ini adalah salah satu wordpress plugin yang saya sukai. WordPress Related Post berguna untuk menampilkan artikel yang berhubungan. Dengan plugin ini, postingan yang mirip-mirip dengan postingan yang dibaca oleh pengunjung. Sehingga pengunjung akan tertarik untuk membaca artikel blog yang lain dan menambah pageviews blog.

7.       WordPress Stat
Tidak seperti blogger, wordpress tidak memiliki fitur untuk melihat statistik blog. Namun dengan menggunakan WordPress Stats, kita bisa mengetahui jumlah pengunjung blog kita hari ini, 1 minggu terakhir, 1 bulan terakhir dan all the time. Plugin ini digunakan untuk memantau blog.

8.       Broken Link Checker
Ada kalanya link yang kita post di weblog kita udah tidak berfungsi lagi. Broken Link Checkker berfungsi untuk mengetahui link-link yang rusak/broken. Jika kita tahu mana link yang rusak, kita bisa langsung mengganti dengan link yang lebih fresh.

9.       SEO Smart Link
SEO Smart Link merupakan plugin yang bisa digunakan untuk menghubungkan satu artikel dengan artikel yang lain secara otomatis. Hubungan antar artikel ini akan membangun pagerank dan pengunjung juga lebih mudah untuk menelusuri blog kita.

10.   WP-PageNavi
Plugin ini memberikan tampilan baru baru web kita. Kalau biasanya untuk berpindah halaman kita menggunakan navigasi ‘Newer Posts’ dan ‘Older Posts’, dengan adanya plugin ini, pengunjung dapat pergi ke halaman manapun yang dia sukai. Mudahnya, plugin ini akan membuat halaman pada blog kita.
Itulah 10 plugin wordpress yang paling sering digunakan. Baik untuk Search engine Optimization, membuat tampilah lebih menarik, dan untuk menaikkan pagerank dan alexarank.

http://boruhasibuan.wordpress.com/2011/04/06/10-plugin-wordpress-yang-paling-sering-digunakan/

Akismet
Buat atasi spam

cbnet Ping Optimizer
Buat ngeping

Contact Form 7
Buat form Contact

Dagon Design Sitemap Generator Plus
Buat menu sitemap

Google XML Sitemaps
Buat sitemap juga

Indexing Tool
Search Meter
SEO Auto Links & Related Posts
SEO Booster PRO
SEO SearchTerms Tagging 2
SEO Smart Links
SEO Super Comments
SEOPressor
buat SEO2an lah

WP OnlyWire
buat sharing bookmarking

WP No External Links
mengurangi external link

WP CSS
buat compress

WP Content Filter
Buat filter content

WP Auto Tagger
buat nge-tag

WP-reCAPTCHA
Atasi spam komen pake chapca

W3 Total Cache
Buat cache page

Tweet, Like, Google +1 and Share
Buat munculin tombol2 nama diatas

segitu aja dari saya
http://www.adsense-id.com/forums/showthread.php/107804-ASK-Plugin-yang-sering-digunakan-di-WP 

WP Policies = Membuat Privacy Policy.

WP Disclaimer = Membuat Disclaimer.


STT2= SearchTerms Tagging 2,
gunanya untuk optimasi on-page SEO, meningkatkan halaman yg terindex, mengubah kata kunci pencarian menjadi post tag, dll

Fitur yang Sering Digunakan Pada Blog WordPress

Fitur disini yaitu widget & plugin yang sering digunakan pada blog-blog ber-engine wordpress (walaupun yang bukan wordpress juga ada). Hampir semua blog wordpress menggunakannya, dari situs besar dunia seperti Techcrunch, bahkan blog yang baru-baru. Apa saja fitur-fitur tersebut?

1. Top Post
Hampir ada disetiap blog ber-engine wordpress, selain berguna memperlihatkan ‘apa yang paling top di blog ini‘ juga membuat pembaca tertarik untuk membaca salah satu dari sekian top post yang ada. Keuntungannya meningkatkan pageviews, jelas.

2. Related Content
Menampilkan keterkaitan konten berdasarkan kategori, tags, yang ditampilkan disetiap akhir sebuah konten. Keuntungan yang di dapat adalah membuat pembaca terus ‘berputar-putar’ di blog kita karena setelah dia selesai membaca sebuah konten, akan tertarik membaca konten yang lainnya.

3. Kategori
Biasanya ditampilkan pada top menu / navigation menu untuk memudahkan pembaca mencari konten yang relevan dengan sebuah kategori. Selain itu, kategori juga mempermudah kita mengorganisir konten menjadi lebih rapi.

4. Gambar
Magazine themes sering sekali digunakan oleh blog-blog besar. Ini karena menampilkan banyak gambar yang biasanya pengunjung tertarik untuk membaca postingan bergambar.
Sejauh ini, 4 fitur tersebut yang sering sekali digunakan. Mungkin kedepannya akan ada fitur lain.

3 Plugin wordpress terbaik untuk toko online

 

1. WP e-Commerce wordpress plugin
Plugin WP e-Commerce ini paling banyak digunakan, dengan fitur-fitur yang lengkap, jangan cocok untuk toko online anda.
Menggunakan bahasa HTML dan CSS yang mudah dipahami, mempunyai halaman check out, terintegrasi dengan Google Checkout, Paypal, dan beberapa alat pembayaran terpercaya lainnya.
Plugin ini juga memiliki pilihan shipping atau methode pengiriman, sehingga anda tidak perlu bersusah payah lagi.
Download WP-e-Commerce wordpress
image
2. QuickShop wordpress plugin
Plugin ini memiliki widget pada sidebar sehingga dengan mudah untuk bisa mengedit, menambah produk atau menghapus produk pada keranjang belanja anda.
Dilengkapi dengan tombol TinyMCE
Download QuickShop Plugin

3. eShop wordpress plugin
Plugin wordpress untuk toko online satu ini mungkin sudah sering terdengar juga ditelinga anda, mempunyai banyak fitur unggulan dalam 1 plugin ini, plugin eShop ini terintegrasi dengan sistem affiliasi, sehingga anda bisa membuat program affiliasi pada produk anda.
 Download eShop wordpress plugin