Thursday 10 January 2013

Quthrub, Aplikasi untuk mentashrif Bahasa Arab secara mudah

Quthtub, Aplikasi untuk mentashrif Bahasa Arab
Quthrub adalah software yang dibuat oleh developer arab yang terkumpul dalam http://www.arabeyes.org yang dibuat untuk memudahkan orang yang ingin belajar tata bahasa Arab terutama kaidah shorof dan tashrif yang meliputi bentuk-bentukwaktu yang sering dipakai seperti fi’il madhi, mudhari’ dan amr.
Cara menggunakan Quthrub:
•        Tulislah kata dalambahasa Arab dengan harakat dan tasydid yang sempurna di kotak  kosong, contohnyatulis kata كَتَبَ، كَاتَبَ.
•        Pilihlah bentuk tashrif yang anda inginkan apakah semua bentuk waktu (kullu azminah) yang meliputi fi’il madhi, mudhari’, amr, mabni majhul atau mudhari’ yang mansubat (yaitu fi’il muhdari yang berharakat fathah karena didahului adawatun nasb seperti huruf An, Lan, Izan dan Kay) atau majzum (yaitu fi’il muhdari yang berharakat sukun karena didahului adawatul jazmi seprti lam dam laa an-nahiyah)  .
•        Pilih bentuk fi’il yang anda inginkan apakah lazim (tidak membutuhkan maf’ulbih) atau muta’adi (membutuhkan maf’ulbih)
•        Klik tombol”صرّف الفعل”.
 
Mengenal Thaha Zaruqi, salah satu Programmer dari Quthrub
Thaha Zaruqi, lahir dari keluarga sederhana di Aljazair pada tahun 1978, tahun 1996 ia mulai belajar ilmu teknologi di universitas yang terletak di ibu kota Aljazair sampai akhirnya ia mendapat gelar Insinyur pada taun 2001, lalu ia mengambil gelar Magister pada universitas yang sama dan selesai pada tahun 2005, setelah itu ia mengambil gelar Doktoral dalam bidang teknologi.
Ia tinggal di kota Alkhabuziyyah Ash-Shaghirah (maaf kalau salah menulis) yang terletak sekitar 100 meter dari ibu kota Aljazair.
Ia bercerita bahwa pada awalnya ia tidak memiliki kecenderungan untuk mempelajari ilmu teknologi, ketika kecil ia baru mengenal komputer dari televisi, dan baru memegangnya ketika ia sekolah di I’dadiyyah ( atau SD sekarang) dan ketika ia lulus dari Albekaloriya (SMP sekarang), oleh gurunya, ia dan teman-temannya diminta untuk menuliskan cita-cita mereka ke depan, maka Thaha Zaruqi meletakkan ilmu teknologi di urutan pertama, kemudian dokter dan penerjemah bahasa Cina, lalu ia memilih nomer pertama, kalau tidak mungkin sekarang ia sudah menjadi dokter spesialis atau bekerja sebagai penerjemah bahasa Cina.
Thaha mulai belajar bahasa pemrogaman pada tahun 1997 sebagaimana teman-temannya, bahasa pertama yang ia pelajari adalah pascal kemudian C lalu php ketika ia mulai belajar membuat website dan mulai bergaul dengan bahasa phython ketika ia sedang meneliti kelebihan dari program Addauli Littadqiq Al-imlai.
Sudah banyak program-program islami yang ia buat baik itu pribadi atau kolektif, seperti program ayaspell . , bersama pengelola Attaqnin Alarabi ia membuat program Alkalimat Almustab’idah  , program Arabic Light Stemmer yang ia beri nama Tasyafin dan program PyArabic bersama Akhi Khalid As-Sam’ah. Dan Quthrub adalah salah satu program yang ia buat secara kolektif bersama programmer yang lain seperti Musthafa Amarah, Isham Hamud, dan Profesor Marwan Albawwab yang menjadi penyunting dari Quthrub. Profil selengkapnya dari programmer penuh talenta ini bisa anda lihat di blognya disini.
Dalam sebuah forum di facebook yang bernama Computational Linguistics Forum terdapat beberapa masukan untuk software Quthrub ini seperti tentang encoding, tampilan dan yang lainnya, bisa anda baca di link ini. Menariknya, artikel itu lalu dijawab oleh Thaha Zaruqi di blognya tahadz.