Wednesday 6 June 2012

Pentingnya menginstal Sitemap


Tahukah anda bahwasanya Sitemap pada sebuah situs bukan hanya merupakan daftar isi belaka? Tetapi juga merupakan alat navigasi bagi "spider bot search articles" dalam melakukan crawl di konten sebuah situs. 

Kali ini saya akan membahas pentingnya sitemap bagi sebuah website, hal yang sering terlupakan oleh para developer. Bagi anda yang baru memulai membuat website, ada baiknya anda membuat sitemap untuk website anda. Sitemap merupakan peta situs yang berfungsi untuk mempermudah navigasi pencarian artikel (bukan search engine) bagi pengunjung website dan mempermudah spidernya search engine dalam melakukan crawl content situs anda.

Adanya sitemap pada suatu situs akan mempermudah spider bot menelusuri dan mempelajari struktur yang ada pada situs tersebut, jadi lebih cepat dalam proses pengindexan konten. Selain itu juga berfungsi sebagai pengecek brokenlink situs anda, sehingga jika terdapat brokenlink pada situs anda tidak perlu repot-repot, langsung remove link yang ada pada sitemap anda.

Bayangkan betapa sulitnya anda jalan dunia ini tanpa ada peta yang menuntun anda, begitu pula halnya dengan sitemap yang berguna untuk menuntun para pengunjung maupun spider bot agar lebih cepat mencapai arah yang dituju. Sekarang sedikitnya kita mengerti pentingnya sitemap bagi sebuah website. 

Bagi pengguna Joomla!, tidak perlu repot lagi membuat struktur sitemap secara manual, banyak komponen yang dapat kita manfaatkan, salah satunya adalah Xmap. Xmap merupakan sitemap peta situs generator Joomla yang terbaik diantara komponen lainnya dengan penggunaan yang cukup mudah, kali ini saya akan mengulas cara penggunaan komponen Xmap Joomla dari installasi hingga mensubmit sitemap anda ke google webmaster tool.