Sunday 17 March 2013

10 Cara Meningkatkan Popularitas Situs

Apa yang perlu kita lakukan setelah situs selesai kita bangun? Tentu langkah pertama adalah memperkenalkan situs tersebut kepada orang lain, teman-teman kita, dan sebagainya. Kalau perlu semua orang harus tahu kalau kita memiliki situs web.
Apakah ini cukup penting? Jelas sekali ini penting. Mustahil akan terjadi penjualan atau transaksi di situs kita (untuk situs e-commerce) kalau tidak seorang pun mengetahui keberadaan situs kita.

Banyak sekali cara yang bisa kita pakai untuk memperkenalkan situs kepada calon pengunjung. Namun, di sini saya hanya akan membahas 10 cara saja.

1. Submit ke berbagai search engine dan direktori
Saat ini banyak sekali situs yang menyediakan layanan search engine, baik itu yang gratis ataupun yang harus membayar. Apakah kita perlu mendaftarkan situs kita ke semua layanan search engine tersebut?
Kalau punya waktu, silakan saja. Namun hal itu tidak disarankan. Karena selain menghabiskan banyak waktu dan tenaga, hal tersebut juga tidak praktis. Daftarkan saja ke beberapa search engine yang populer, misalnya saja Google, Yahoo, Ask, dan MSN.
2. Isi situs dengan content yang bermanfaat bagi pengunjung
Apa yang membuat pengunjung mau datang ke situs kita? Salah satunya karena informasi yang mereka butuhkan ada pada situs kita. Oleh karena itu sangat penting untuk mengisi situs dengan content yang bermutu dan bermanfaat.
Tentu saja kita perlu menyesuaikan content dengan tujuan yang ingin dicapai oleh situs kita. Jangan sampai kita menempatkan informasi yang tidak relevan dengan situs karena hal itu tidak akan banyak manfaatnya bagi kita.
3. Lakukan update secara teratur
Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah update informasi secara teratur. Kalau memungkinkan setiap hari sekali update situs kita dengan informasi-informasi terbaru. Hal ini bertujuan untuk menjaring loyalitas pengunjung.
Sekali pengunjung merasakan bahwa situs kita sangat bermanfaat, mereka dengan sukarela akan datang kembali. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan merekomendasikannya kepada orang lain.
4. Manfaatkan layanan social bookmarking
Belum pernah dengar istilah social bookmarking? Klik di sini jika Anda belum mengetahui apa itu social bookmarking.
5. Berikan sesuatu yang gratis kepada pengunjung
Sesuatu yang bermanfaat apalagi gratis tentu disukai oleh pengunjung. Ini bisa menjadi magnet yang menarik pengunjung agar datang berbondong-bondong ke situs kita.
Apakah sesuatu yang gratis itu?
Banyak sekali contohnya. Apabila Anda mahir membuat theme untuk WordPress, Anda bisa saja mendesain satu atau dua theme. Berikan kesempatan kepada pengunjung untuk ikut menikmati dan memanfaatkan theme hasil karya Anda tersebut.
Atau bisa juga Anda menyusun sebuah e-book sederhana tentang suatu topik yang sesuai dengan tujuan dari situs Anda. Jangan lupa mencantumkan referensi berupa alamat URL dari situs Anda di e-book tersebut. Percaya atau tidak, e-book tersebut bisa menjadi sarana promosi yang gratis dan sangat efektif.
6. Aktif dalam komunitas yang sesuai dengan tujuan situs
Ada baiknya Anda bergabung dengan beberapa komunitas diskusi yang sesuai dengan tujuan dari situs yang Anda buat. Tentunya Anda harus berperan aktif dalam komunitas tersebut, jangan hanya menjadi member pasif saja.
Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari keaktifan kita di komunitas tersebut. Dari pendapat dan komentar yang kita tulis di komunitas, member lain akan mengenal kita.
Cepat atau lambat mereka akan berusaha untuk mengetahui lebih jauh tentang diri kita misalnya alamat email, web pribadi, nama perusahaan dan sebagainya.
7. Sesekali buat kontes atau perlombaan di situs kita
Tidak ada salahnya kalau kita mengadakan kontes berhadiah di situs kita. Hadiahnya tidak usah yang mahal-mahal. Yang penting pengunjung merasa senang dan mau mengikutinya.
8. Buat komunitas atau mailing list
Cobalah kita membuat komunitas sendiri. Tujuannya untuk sarana komunikasi antar pengunjung dan juga untuk meningkatkan loyalitas pengunjung terhadap situs kita. Kita bisa memanfaatkan software gratisan seperti phpBB untuk membuat komunitas ini.
9. Promosi dengan media offline
Selain dengan cara-cara online, kita juga perlu mempromosikan situs kita melalui media offline. Sesekali kita bisa menulis artikel di media massa atau majalah tentang topik yang kira-kira sesuai dengan tema situs kita.
Disamping dapat honor, kita pun bisa numpang mempromosikan situs kita. Cukup praktis bukan?
10. Memasang iklan
Cara terakhir ini bisa Anda lakukan jika punya dana berlebih. Anda bisa memasang iklan di surat kabar atau media online seperti Google Adwords, Detik Publishing dan sebagainya untuk mempromosikan situs kita.
Atau barangkali Anda punya cara lain yang lebih manjur?

http://www.sorsawo.com/2008/07/10-cara-meningkatkan-popularitas-situs/

Google PlusOne untuk meningkatkan popularitas situs anda

 

oogle memperkenalkan fitur terbarunya yang bernama Google PlusOne (+1). Tombol ini kalau menurut saya berfungsi layaknya tombol "Thanks" di forum-forum atau tombol "Like"-nya facebook... :D
Jadi jika anda menemukan suatu artikel yang telah membantu atau memberi informasi yang berguna bagi anda, tinggal klik saja tombol ini. Lalu apa yang akan terjadi?

Kalau saya baca dari halaman Google PlusOne, tombol +1 berguna sebagai tombol rekomendasi ke google search engine bahwa konten situs yang bersangkutan berkualitas dan pastinya anda menyukainya. Hampir sama kan dengan tombol "like" facebook? :D

 

http://blog-tutorial-menarik.blogspot.com/2011/06/google-plusone-untuk-meningkatkan.html

\